5 Penyebab Laptop Terinfeksi Ransomware & Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Kursusprivate.com - 5 Penyebab Laptop dan PC Terinfeksi Ransomware. Halo semua apa kabarnya nih ? semoga kalian dalam keadaan sehat selalu ya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari kursusprivate ingin berbagi artikel tentang 5 penyebab laptop bisa terinfeksi virus ransomware. 

Yuk mari kita simak bersama-sama untuk penjelasannya berikut ini ya, semoga nantinya bisa bermanfaat untuk kita semua. 

{getToc} $title={Daftar Isi}

Apa Itu Virus Ransomware

Ransomware adalah kejahatan cyber yang menyebabkan seluruh data penggunanya terinfeksi virus dan menyebabkan data tersebut menjadi rusak atau bocor. Sudah banyak kasus-kasus yang pernah mengalami terinfeksi virus ransomware dan pastinya dampak yang akan diterima oleh pemiliknya sangat signifikan. 

Berikut ini tips bagaimana caranya agar komputer atau PC kita tidak terinfeksi oleh virus ransomware. 

5 Tips Untuk Melindungi Komputer Dari Ransomware

1. Tidak Mengunjungi Situs yang Tidak Aman

virus ransomware
Source : Diskominfo Kubu Raya


Kesalahan yang pertama yang paling sering dilakukan oleh penggunakan komputer adalah mengunjungi situs yang tidak aman. Cara yang paling mudah untuk membedakan mana situs yang aman dan tidak aman adalah dengan cara melihat URL situs tersebut. Seperti situs yang memiliki tag HTTP (Hyper Transfer Protocol) biasanya situs yang mempunyai tag ini tidak aman dibandingkan dengan situs yang mempunyai tag HTTPS (Hyper Transfer Protocol Secure). 

2. Tidak Mendownload Aplikasi Sembarangan



Terkadang pengguna terlalu nafsu untuk mendownload segala aplikasi dan di pasang pada laptop maupun PC mereka masing-masing, sehingga tidak memikirkan dampak yang akan terjadi kedepannya. Biasanya software hasil dari download ini berawal dari hasil cracking yang berasal dari software asli, dengan alasan karena software asli biaya nya cukup mahal jadinya pengguna berusaha untuk mencari software hasil dari cracking. 

Oleh karena itu kami tidak menyarankan teman-teman untuk mendownload software-software dari hasil cracking dan sebagai solusinya teman-teman bisa download software original yang versi gratis dan sudah tersedia di toko software masing-masing. 

3. Tidak Menghubungkan Hardware Terinfeksi Virus



Banyak orang yang tidak sadar atau kurang sadar diri terhadap hardware - hardware yang sudah terserang virus namun tetap saja menggunakannya dengan alasan malas untuk membeli yang baru. Padahal jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka laptop atau pc yang saat ini sedang kita gunakan akan terkena serangan virus juga. 

Oleh karena itu kami tidak menyarankan untuk memasang USB atau flashdisk, SSD yang sudah terinfeksi virus atau tidak diketahui sumbernya. 

4. Lupa atau Malas Update Sistem Operasi



Perlu dipastikan bahwa pada saat adanya pemberitahuan sistem operasi yang akan di update, maka sesegera mungkin teman-teman untuk selalu update sistem operasi yang saat ini sedang digunakan. Adapun manfaat jika kita melakukan update sistem operasi adalah mengatasi beberapa program atau bug/error yang sebelunya terjadai pada komputer kita masing-masing. 

Mengupdate sistem operasi sangatlah penting dan dapat menjadi langkah untuk mengurangi resiko komputer atau PC terinfeksi virus ransomware. 

Baca Juga : Pengertian VPS

5. Rajin-Rajin Browsing Tentang Keamanan Sistem Komputer

Masih banyak pengguna laptop yang kurang sadar atau masih jarang yang mau belajar tentang pengetahuan seputar security dasar pada komputer. Padahal jika kita memahami nya sedikit demi sedikit maka kemungkinan laptop yang saat ini sedang kita gunakan akan lebih terjaga dan terawat dari serangan virus yang tidak diketahui sumbernya. 

Akhir Kata

Nah itulah 5 tips bagaimana caranya untuk melindungi komputer dari serangan virus ransomware. Semoga bermanfaat ya. 

Daftar Kursus Private Komputer (Online + E-Sertifikat)

Klik Disini Untuk Pendaftaran WhatsApp

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama