3 Pengertian dan Perbedaan Hosting, Domain & Server

Kursusprivate.com - 3 Pengertian dan Perbedaan Hosting, Domain & Server. Halo semua apa kabarnya nih ? semoga dalam keadaan sehat selalu ya. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari kursusprivate ingin berbagi artikel tentang 3 pengertian dan perbedaan antaran domain, server dan hosting. Yuk mari kita simak bersama-sama untuk penjelasannya berikut ini ya. Semoga bisa menambah ilmu dan wawasan untuk kita semua. 

{getToc} $title={Daftar Isi}

Apa Itu Hosting ? 

pengertian hosting


Hosting adalah tempat di simpannya file yang kita miliki yang ada di dalam komputer. Hosting biasanya memiliki bentuk fisik seperti komputer, namun komputer yang di susun pada rak - rak tertentu sehingga nantinya bisa mempermudah pengelola server untuk melakukan maintance jika suatu saat terjadinya masalah. 

File-file yang kita simpan di dalam hosting disebut dengan server hosting. Server hosting fungsinya untuk menyimpan dan menampilkan data-data yang bisa di akses melalui search enggine atau web browser. 

Agar website atau file bisa di akses selama 24 jam, maka kita membutuhkan jaringan internet dan juga listrik yang selalu hidup, supaya nantinya file atau website kita bisa di akses kapanpun dan dimanapun saat kita berada. 

Bila nantinya suatu saat teman-teman menemukan kasus yang dimana ada website yang tidak bisa di akses, maka sudah di pastikan website tersebut sedang down atau hosting nya tidak dapat untuk di akses. 

Apa Itu Domain ? 

pengertian domain


Domain adalah nama yang ketentuannya sudah di atur oleh regulasi domain di Dunia. Jadi di setiap domain pasti mempunyai nama unik masing-masing dan tidak bisa sama dengan nama domain yang lainnya. Fungsi dari domain ini adalah untuk mengarahkan alamat IP atau nomor yang nantinya di ubah ke dalam bentuk teks, sehingga orang lain lebih mudah untuk mencarinya. Seperti contoh nama domain kursusprivate.com ini, yang dimana sebelumnya domain ini berbentuk IP dan secara otomatis di ubah menjadi suatu nama tertentu sehingga memudahkan seseorang untuk mengakses nya. 

Untuk jenis - jenis ektensi domain ada banyak sekali salah satunya adalah .com, .id, .net, .my.id dan masih banyak jenis ektensi domain lainnya. 


Apa Itu Server ? 

server


Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan jaringan tertentu. Untuk server sendiri mempunyai hardware dan juga software yang berfungsi sebagai pemberi data kepada web client, jika suatu saat client ingin memodifikasi website nya, maka cukup mengakses aplikasi seperti C-Panel. 


Daftar Kursus Private Komputer (Online + E-Sertifikat)

Klik Disini Untuk Pendaftaran WhatsApp






Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama