10 Contoh Rumus Microsoft Excel yang Sering Digunakan Untuk Tes Kerja

Kursusprivate.com - 10 Contoh Rumus Microsoft Excel yang Sering Digunakan Untuk Tes Kerja. Halo semua apa kabarnya nih ? semoga kalian dalam keadaan sehat selalu dan terus diberikan semangat dan motivasi untuk terus belajar komputernya ya. 

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami dari kursusprivate ingin berbagi artikel tentang 10 contoh rumus Microsoft Excel yang sering digunakan untuk tes kerja. Dan tentunya ini sangat bermanfaat banget lho, apalagi kalau misalnya kamu mengincar posisi sebagai admin. 

Oleh karena itu, tanpa harus berlama-lama, yuk mari kita simak bersama-sama untuk penjelasannya berikut ini ya. Semoga nantinya bisa bermanfaat untuk kita semua. 

Rumus Microsoft Excel Untuk Tes Kerja

1. SUM

SUM
Rumus SUM bisa digunakan untuk menjumlahkan beberapa data.

Gimana cara menggunakannya?
=SUM(blok data yang ingin dijumlahkan)

sum

2. AVERAGE

Rumus AVERAGE bisa digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari pada kelompok data.

Gimana cara menggunakannya?
=AVERAGE(blok data yang ingin dicari nilai rata-ratanya)

average

3. COUNT

Rumus COUNT bisa digunakan untuk menghitung banyaknya data yang berbentuk angka. Misal kamu ingin menghitung banyaknya transaksi pembelian atau jumlah warga yang ada pada suatu desa. Wajib kamu ingat bahwa COUNT hanya bisa menghasilkan perhitungan yang tepat jika kamu memilih data yang berbentuk angka. Jika data kamu berbentuk Text (atau bentuk lain yang bukan angka), maka hasilnya akan menjadi 0.

Gimana cara menggunakannya?
=COUNT(blok data yang ingin dicari banyaknya)

count

4. COUNTA

Nah, pertanyaannya gimana kalo kamu ingin menghitung banyaknya data yang berbentuk text ?. Dalam situasi ini, kamu bisa menggunakan COUNTA.  Konsepnya sama persis dengan COUNT, hanya saja bisa digunakan untuk bentuk data apapun.

Gimana cara menggunakannya?
=COUNTA(blok data yang ingin dicari banyaknya)


5. MAX

Rumus MAX bisa kamu gunakan untuk mencari nilai terbesar atau tertinggi dari sekelompok data yang kamu pilih. Misal: dari nilai 10 siswa, kamu ingin mencari berapa nilai terbesarnya. Atau dari pembelian selama 30 hari, kamu ingin mencari berapa pembelian tertinggi dalam periode tersebut.

Gimana cara menggunakannya?
=MAX(blok data yang ingin dicari nilai terbesarnya)

6. MIN

Kebalikan dari rumus MAX, rumus MIN bisa kamu gunakan untuk mencari nilai terkecil atau terendah dari sekelompok data yang lo pilih. Misal: dari nilai 10 siswa, kamu ingin mencari berapa nilai yang paling rendah. Atau dari pembelian selama 30 hari, kamu ingin mencari berapa pembelian terendah dalam periode tersebut.

Gimana cara menggunakannya?
=MIN(blok data yang ingin dicari nilai terbesarnya)


7. LARGE

Mirip dengan rumus MAX, rumus LARGE digunakan untuk mencari nilai terbesar. Bedanya adalah kamu bisa menentukan mau mencari nilai terbesar yang keberapa. Misal: dari nilai 10 siswa, kamu ingin mencari berapa nilai terbesar ketiga. Atau, kamu ingin mencari 5 nilai terbesar.

Gimana cara menggunakannya?
=LARGE(blok data yang ingin dicari nilai terbesarnya, urutan keberapa)




8. SMALL

Kebalikan dari rumus LARGE, rumus SMALL digunakan untuk mencari nilai terendah atau terkecil kesekian. Misal: dari nilai 10 siswa, kamu ingin mencari berapa nilai terkecil ketiga. Atau, kamu ingin mencari 2 nilai terkecil.

Gimana cara menggunakannya?
=SMALL(blok data yang ingin dicari nilai terkecilnya, 
urutan keberapa)




9. SUMPRODUCT

Rumus SUMPRODUCT dapat kamu gunakan untuk menjumlahkan dua kolom yang telah dikalikan
terlebih dahulu. Misal kasusnya adalah, ketika menghitung total penjualan dari sekian banyak
barang (dengan harga per pcs dan jumlah pcs terjual untuk masing-masing barang).

Gimana cara menggunakannya?
=SUMPRODUCT(blok data di kolom pertama, blok 
data di kolom kedua)




10. AGGREGATE

Kalo kamu familiar atau pernah pake rumus SUBTOTAL, rumus AGGREGATE ini sangat mirip dengan rumus tersebut, bahkan lebih baik lagi. AGGREGATE dapat digunakan untuk menghitung data (bisa bermacam-macam seperti SUM, AVERAGE, COUNT, dsb). Bedanya adalah rumus ini akan mengabaikan baris atau kolom yang sedang disembunyikan atau difilter. Jadi, rumus ini akan sangat berguna ketika kamu ingin menghitung sebuah data dari hasil filter kamu, karena hasil perhitungannya akan disesuaikan secara otomatis berdasarkan data yang sedang muncul

Gimana cara menggunakannya ?
=AGGREGATE(kode rumus yang ingin kamu pakai, kode 
perintah bagian mana yang diabaikan, blok datanya)


SUBSCRIBE CHANNEL YOUTUBE KURSUS PRIVATE




Lebih baru Lebih lama