7 Cara Membuat Proposal SKRIPSI Dengan Mudah & Cepat

Kursusprivate.com - Cara Membuat Proposal SKRIPSI Dengan Mudah & Cepat. Halo sobat kursusprivate yang selalu mempunyai semangat untuk terus belajar seputar dunia komputer. 

Untuk membuat sebuah proposal SKRIPSI sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita bisa memahami konsep dan rencana atau planning judul apa yang ingin di ajukan untuk skripsi kita. Namun saat ini masih banyak mahasiswa yang kurang banyak mengetahui tentang hal ini, padahal ini merupakan modal dasar untuk mengerjakan sebuah skripsi agar nantinya bisa lebih mudah dan cepat dalam proses nya. 



{getToc} $title={Daftar Isi}

7 Cara Membuat Proposal Skripsi

Bagi kamu yang saat ini masih kebingungan dengan judul apa yang ingin kamu ambil, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan dan dicoba agar proposal mu dapat segera selesai dan di ACC oleh dosen pembimbingmu. 

1. Menetapkan Batasan Penelitian

Untuk menemukan judul proposal skripsi tentu kita harus mempersiapkan batasan atau kemampuan yang kita miliki saat ini. Mulai dari mengamati lingkungan sekitar dan juga mencari refrensi-refrensi penelitian yang pernah dilakukan oleh kakak tingkatmu yang sebelumnya. Dengan menetapkan batasan penelitian artinya jika ada yang menurutmu tidak penting maka tidak perlu untuk diteliti. 

2. Menyiapkan Rumusan Masalah & Tujuan Penelitian

Ibaratkan sebuah rumah rumusan masalah ibaratkan sebuah pondasi dalam rumah itu sendiri. Rumusan masalah menjadi pokok yang penting dalam suatu penelitian dengan tujuan untuk dicarikan solusi. Selain itu, kita juga perlu untuk mempersiapkan tujuan serta harapan dari penelitian yang sudah dilakukan. 

3. Menghimpun Kajian Pustaka  

Urutan pembahasna yang ketiga adalah menghimpun kajian pustaka. Pada saat pembuatan kajian pustaka kita dilarang untuk menghimpun atau mengumpulkan opini atau pendapat pribadi, karena pada dasarnya kajian pustaka diambil dari himpunan penelitian yang sudah di lakukan oleh peneliti sebelumnya. 

Gabung Kursus Private : Klik Disini

4. Menentukan Metode Penelitian

Ada beberapa pilihan penelitian yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah penelitian menggunakan metode kualitatif dan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Apa itu metode kualitatif dan metode kuantitatif ? berikut ini untuk penjelasannya. 

- Metode Kualitatif 

Adalah metode yang dilakukan untuk mengumpulkan dan menjabarkan data dalam bentuk narasi. 

- Metode Kuantitatif

Adalah metode penelitian yang berfokus pada data angka dengan instrumen atau alat ukur tertentu. 

5. Menyusun Proposal Secara Singkat, Padat & Jelas



Pada saat penyusunan laporan skripsi kami sarankan untuk menggunakan bahasa yang jelas dan tidak bertele-tele, sehingga dosen pembimbingmu akan lebih mudah meng ACC laporan yang telah di hasilkan. 

6. Patuhi Aturan yang Ditetapkan

Langkah yang ke-enam adalah mematuhi aturan yang ditetapkan. Mulai dari pengumpulan data sampai skripsi selesai harus mematuhi aturan yang sudah di tetapkan oleh kampus atau Universitas masing-masing. Jadi pastikan penulisan proposal skripsi kamu sesuai dengan susunan yang tepat. 

7. Menggunakan Teknologi AI 

Saat ini mulai dari awal tahun 2023 sudah banyak teknologi AI yang memberikan fasilitas kepada pengguna nya secara gratis atau free, sehingga dengan adanya teknologi ini dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan salah satunya adalah dengan membuat proposal skripsi. 
Teknologi AI yang akan kami rekomendasikan adalah chat GPT, untuk penggunaannya bisa kamu coba video tutorialnya dibawah ini ya. 

Baca Juga Artikel : 26 Fungsi CTRL Pada Microsoft Word

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama